Jumat, 15 Juli 2011

Pengertian Komputerisasi

Banyak orang bertanya - tanya apasi pengertian komputerisasi dan tes itu? dan kebetulan saya pernah dengar dari  temen juga tentang pengertian komputerisai. jadi untuk berbagi kepada temen - temen semua sedikit saya jelaskan tentang pengertian komputerisasi tes ....
Pengertian Komputerisai
 Komputerisasi berasal dari kata komputer yang artinya menghitung. Tetapi apabila kita tinjau dari kata tersebut dengan fungsi komputer dewasa ini kita melihat ketidakcocokan dimana komputer sekarang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan. Secara umum komputer dapat diartikan serangkaian atau sekelompok mesin elektronika yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerjasama  serta membentuk suatu  sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem kerja ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan instruksi atau program yang telah diberikan kepadanya..
Pengertian Test
Kata test berasal dari bahasa Prancis kuno yang berarti piring untuk menyisihkan logam - logam mulia yang dimaksud disini adalah dengan menggunakan alat berupa piring akan dapat diperoleh jenis - jenis logam mulia yang bernilai tinggi. Dalam perkembangannya dan seiirng kemajuan zaman tes berarti ujian atau percobaan. Ada beberapa istilah yang memerlukan penjelasan sehubungan dengan uraian diatas yaitu test, testing, tester dan testee, yang masing - masing mempunyai pengertian berbeda namun erat kaitannya dengan tes. Test adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian, Testing berarti saat dilaksanakannya pengukuran dan penilaian atau saat pengambilan tes. Tester artinya orang yang melaksanakan tes atau orang yang diserahi untuk melaksanakan pengambilan tes terhadap para responden. Testee adalah pihak yang sedang dikenai tes. Ada beberapa pendapat dari beberapa ahli tentang pengertian test, menurut Anne Anastasi dalam karya tulisnya  yang berjudul Psychological Testing, yang dimaksud dengan test adalah alat pengukur yang mempunyai standar yang obyektif sehingga dapat digunakan secara meluas, serta dapat digunakan  sebagai cara untuk mengukur dan membandingkan keadaan atau tingklah laku individu. Menurut  Lee J. Cronbach dalam bukunya berjudul Essential of Psychological Testing, test merupakan suatu perosedur yang sistematis untuk membandingkan tingkah laku dua orang atau lebih. Sedangkan menurut Goodenough, test adalah suatu tugas atau serangkaian tugas yang diberikan kepada individu atau kelompok individu, yang dimaksud untuk membandingkan kecakapan satu sama lain. Dari pengertin dari para ahli tersebut dalam dunia pendidikan dapat disimpulkan bahwa pengertian test adalah cara yang digunakan atau prosedur yang ditempuh dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan, yang memberikan tugas dan serangkaian tugas yang diberikan oleh guru sehingga dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkat laku atau prestasi peserta didik.  Dari pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya mengenai komputerisasi dan pengertian test, dapat disimpulkan bahwa komputerisasi test adalah penggunaan komputer  sebagai alat bantu  dalam kegiatan pengolahan data sebagai sarana uji kemampuan seseorang yang sistematis guna mengukur sample kecerdasan atau wawasan seseorang.

1 komentar: